Rasa Soto Sokaraja Bikin Terkesima

Rasa Soto Sokaraja Bikin TerkesimaSEMARANG  (Asatu.id) – Siapa yang tidak kenal dengan kuliner soto? Menu makanan khas Indonesia berupa sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran ini mudah sekali kita temukan hampir disetiap kota di Indonesia. Salah satu soto yang cukup terkenal adalah soto Sokaraja yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah.

Pada kesempatan kali ini, asatu.id berkunjung ke warung Soto Sokaraja Pak Yunus di Jl. Kusuma Wardani No. 28, Pleburan – Semarang. Letaknya disebelah kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Semarang.

Bapak Mahmud Yunus pemilik warung soto menuturkan, yang membedakan soto sokaraja dengan soto-soto lainnya adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang pada soto. Kalau soto semarang biasanya bening dan disajikan dengan nasi putih, soto sokaraja kuahnya cenderung kental karena disajikan dengan menggunakan sambal kacang.

“Soto sokaraja pada mulanya hanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, tetapi lama kelamaan muncul variasi soto mengunakan ayam, babat bahkan jeroan,” tambahnya.

Rasa Soto Sokaraja Bikin Terkesima

Pak Yunus sendiri menyediakan varian menu berupa soto daging, soto ayam, soto babat, soto jeroan dan soto campur. Harga di bandrol mulai kisaran Rp 13 ribu hingga Rp 18 ribu. Sebagai pelengkap, Pak Yunus juga menyediakan menu mendoan khas Purwokerto serta kerupuk mireng.

Warung soto Pak Yunus dibuka sejak pertengahan tahun 2016 lalu dan sudah memiliki banyak pelanggan tetap yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga pekerja. Banyak dari pelanggannya merupakan warga perantauan Banyumas yang datang untuk melepas kerinduan pada kuliner kampung halamannya.

Bagi anda penggemar soto, tidak ada salahnya mencoba menikmati kuliner soto yang satu ini. Warung soto Pak Yunus buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *