Sri Mulyani : Kemiskinan sudah Turun Temurun di Indonesia

Sri Mulyani : Kemiskinan sudah Turun Temurun di Indonesia

(Khairani Nasution/asatu.id)

SEMARANG (Asatu.id) – Menteri keuanganan, Sri Mulyani Inderawati ketika ditemui oleh asatu.id setelah menyampaikan orasi ilmiahnya dalam acara Dies Natalis Unnes ke-52 (31/3) menyampaikan beberapa kebijakan pemerintah terkait kemiskinan di Indonesia.

“Kemiskinan di Indonesia seringkali bersifat turunan dimana anak-anak yang dilahirkan oleh orang tua dengan kondisi perekonomian menengah kebawah, setelah dewasa kebanyakan juga memiliki nasib yang tidak jauh berbeda dengan orang tuanya, maka dari itu diperlukan peran serta pemerintah dalam memerangi kemiskinan sedini mungkin,” paparnya.

Pemerintah berharap masyarakat ekonomi rendah dapat memiliki akses yang sama dalam hal pendidikan dan kesehatan. Beberapa program telah dijalankan oleh pemerintah, seperti PKH atau Program Keluarga Harapan berupa pemberian uang tunai dari pemerintah bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), pemberian makanan tambahan atau PMT serta beasiswa bagi keluarga miskin.

Sri Mulyani menjelaskan, bantuan usaha mikro juga diberikan pemerintah kepada Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan peluang usaha dan memastikan tersedianya lapangan pekerjaan.

Sementara itu, dalam rangka mendukung penyediaan fasilitas primer seperti air bersih dan fasilitas umum desa telah dialokasikan dana sebesar Rp 800 juta hingga Rp 2 milyar yang nantinya akan ditransfer ke desa-desa. Dalam hal ini, peran aktif masyarakat serta perangkat desa sangat diperlukan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *