Buat Izin Usaha Mikro itu Mudah dan Gratis

Kepala Dinkop & UMKM Kota Semarang Dra. Litani Setyowati (doc/ggl)

SEMARANG (asatu.id) – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Litani Setyawati mengatakan, bahwa untuk mendapatkan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kota Semarang itu mudah dan gratis.

“Untuk mendapatkan surat izin usaha mikro sebenarnya mudah. Pertama harus ber-KTP Kota Semarang. Berdomisili di Kota Semarang. Izin usahanya juga harus di Semarang,” ujarnya, Senin (27/3).

Teknis tata caranya, Litani menjelaskan kemudahan dalam mengurus izin usaha tersebut, pemilik usaha mikro harus meminta surat keterangan domisili usahanya di RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Dilengkapi dengan foto kopi KTP Semarang dan pas foto.

“Jadi surat keterangan itu untuk bukti bahwa ada jenis usaha di tempat tersebut. Bukan abal-abal,” imbuhnya.

Setelah itu, saat berada di Kecamatan, pemilik usaha akan diberi formulir data yang harus diisi. Lalu petugas kecamatan akan menginput data dari peminta izin usaha teraebut. Ia menjelaskan hal tersebut hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit sudah jadi izin usahanya.

“Itu zero rupiah. Kalo ada temen-teman UMKm kemudian mendapat kendala dengan dimintai sejumlah uang atau lainnya laporkan saja. Pasti ada tindakan,” tegasnya.

Lebih lanjut Lita menjelaskan, bahwa dengan adanya IUMK tersebut akan memudahkan Dinkop dalam pendataan data yang valid mengenai jumlah keanggotaan UMKM resmi binaan Dinkop.

“Agar nanti mudah memverifikasi kalau suatu ketika ada program bagi pelaku UMKM di Semarang,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *