Tokopedia Ciptakan Laman Khusus UMKM dan Pariwisata Kota Semarang

SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang menggandeng e-commerce Tokopedia untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan internet dalam membangun bisnis serta pemasaran produk unggulan kepada ratusan Pengusaha Kecil dan Menengah Semarang.

“Ini merupakan salah satu langkah yang positif untuk membantu pemasaran umkm semarang”, ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Litani Satyawati, Senin (27/3).

Dia menilai UMKM Kota Semarang semakin lama semakin bagus produknya. Dari sisi kualitas dan harga, juga bisa bersaing dengan UMKM Kota-Kota lainnya. Ia menerangkan pemasaran secara offline masih digunakan mayoritas UMKM di Semarang sehingga lingkup pemasaran yang belum besar tersebut membuat UMKM Semarang belum banyak diketahui. “Sebetulnya pemasaran UMKM masih banyak yang bersifat offline sehingga masih banyak yang belum tau produk-produknya. Sehingga kita dan Kadin mencoba gandeng Tokopedia untuk membantu UMKM Semarang,” ungkapnya.

Dia mengingatkan untuk UMKM yang sudah mencoba masuk pemasaran secara online agar tidak mengecewakan konsumen. “Jadi managemen waktu dan packing harus diperhatikan betul, jangan malah membuat kecewa konsumen hanya karena telat pengirimannya dan packingnya kurang bagus,” katanya.

Acara yang dihadiri 250 UMKM tersebut harapannya bukan hanya sekedar acara seremoni saja. Pihaknya berharap acara tersebut mampu memberikan informasi secara penuh bagi UMKM tentang tata cara pemasaran online. “Jadi para pelaku UMKM juga harus melek Informasi Teknologi (IT). Siang hari ini kita lanjutkan workshop dengan Tim dari Tokopedia agar pelaku UMKM bisa paham pemasarannya di Tokopedia,” ujarnya.

Senada dengan Litani, Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan bahwa kerjasama dengan Tokopedia ini merupakan langkah bersama dengan Pemkot Semarang untuk bisa memasarkan UMKM Kota Semarang. “Jadi selama ini kan sarana untuk memasarkan UMKM masih kurang dan banyak secara offline. Jadi Kadin dalam hal ini membantu pemerintah untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Nasional dan Internasional seperti Tokopedia untuk mereka bisa memasarkan, berinvestasi dan mengenal produk-produk UMKM Kota Semarang,” ucapnya.

Pihaknya mengungkapakan, bahwa nantinya Tokopedia akan membuatakan laman khusus untuk Kota Semarang yang dimana didalamnya memuat produk-produk UMKM dan Pariwisata Semarang. “Harapannya dengan kerjasama tersebut, ada peningkatan pertumbuhan ekonomi UMKM dan Pariwisata di Semarang,” imbuhnya.

Sementara itu, COO Tokopedia, Leontius Alpha Edison menerangkan bahwa dengan laman khusus tersebut UMKM Semarang mampu dilihat lebih banyak konsumen. “Selain laman berisi UMKM dan Pariwisata, nanti kita juga akan buat kalender even”, ujarnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan pemanfaatan internet dalam membangun bisnis kepada pemilik UMKM secara berkala dan berkesinambungan. “Kita akan launching lamannya 9 April 2017. Minimal lamannya sudah bisa diakses, videonya sudah bisa ditonton dan sudah bisa transaksi,” tukasnya.

71

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan