Mulai 1 April 2017 Rute Perjalanan KAI Berubah

SEMARANG (asatu.id) – Mulai 1 April 2017 PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberlakukan jadwal perjalanan Kereta Api (KA) baru. Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Perkeretaapian, tanggal 29 Desember 2016 tentang Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017.

Dengan adanya Gapeka 2017, jadwal keberangkatan kereta api di PT KAI Daerah Operasi (Daop) IV Semarang akan mengalami perubahan.

Kepala PT KAI DAOP IV Semarang, Wiwik Widayanti menjelaskan, dalam perubahan Gapeka 2017 itu jumlah perjalanan juga mengalami pengurangan.

“Pada Gapeka 2015, total ada 120 perjalanan KA yang melintas di Daop IV Semarang. Sedangkan untuk Gapeka 2017 menjadi 118 perjalanan KA. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan,” beber Wiwik saat melakukan siaran pers di Stasiun Tawang, Semarang, Senin (27/3).

Wiwik mengatakan, perubahan tersebut dipengaruhi oleh 5 faktor. “Pertama perubahan jumlah perjalanan KA, disusul penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan jadwal operasional KRL dan KA lokal. Faktor ketiga, perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun, pengisian air di stasiun tertentu, dan penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin ketepatan waktu,” lanjut Wiwik.

Masih menerangkan, dengan perubahan jadwal resmi yang akan diberlakukan 1 April 2017 nanti, Wiwik mengharapkan para penumpang dan calon penumpang dapat memperhatikan jadwal keberangkatan. Termasuk penumpang yang sudah membeli tiket sejak H-90 keberangkatan.

“Kami menghimbau agar calon penumpang harus mencermati jam keberangkatan kereta api yang tercetak dalam tiket, agar tidak terlambat atau salah jadwal. Kami juga sudah mensosialisasikan terkait hal ini melalui stasiun,di dalam KA, brosur, tempat tiket, serta call canter KAI di 121,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *