Trend Pencari Kerja Mulai Bergeser

SEMARANG (asatu.id) – Perusahaan penyedia informasi lowongan kerja di Asia, Jobstreet.com cabang Semarang, menggelar perayaan ulang tahun ke-5 bertajuk Pentingnya Menjadi Perusahaan Bintang 5 untuk Menarik Calon Konsumen di Borobudur 1 Hotel Santika Premier, Jalan Pandanaran No. 116-120, Semarang, Kamis (23/3).

Acara yang dihadiri ratusan HR direktur, manager dan professional perusahaan di Indonesia ini bertujuan, memberikan inspirasi dan membantu pelaku HR (human resources/sumber daya manusia) menemukan solusi dari tangan-tangan dunia ketenaga kerjaan dewasa ini.

Faridah Liem, selaku Country Manager Jobstreet.com menjelaskan, tren persaingan pasar kerja 2017 yang mengalami perkembangan. Dia menyampaikan, saat ini, banyak perusahaan yang belum bisa memanfaatkan kemudahaan informasi dan digitalisasi untuk melihat persaingan dalam mencari kandidat terbaik. Tidak sedikit perusahaan mengeluhkan susahnya mencari kandidat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan di perusahaan.

Menurutnya, perusahaan tidak hanya berdiam diri menunggu pelamar datang. Di era keterbukaan dan modern ini, para pencari kerja nampaknya semakin pintar dan kritis sehingga perusahaan perlu berbenah, perlu meningkatkan kualitas agar dapat menarik minat pelamar.

“Melihat peluang tersebut, kami mencoba menggali lebih dalam apa yang menjadi trend dunia kerja saat ini, karena para kandidat tidak hanya menginginkan pekerjaan tetapi ekpetasi tinggi terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga penting bagi perusahaan untuk mengerti dan memahami apa yang menjadi pertimbangan kandidat dalam memilih perusahaan,” katanya.

Meneruskan, Memanfaatkan moment ulang tahun Jobstreet yang Ke-5, pihaknya ingin mengedukasi perusahaan dan sharing informasi khususnya di Semarang bahwa trend duni kerja saat ini sudah bergeser. Sehingga perusahaan lebih aware dan perduli jika menginginkan karyawan yang bagus. Selain itu, mutu perusahaan harus diperbaiki untuk menarik karyawan yang berkualitas.

Denny Christanto, selaku HR dan GA Manager PT. Erela menjadi salah satu pembicara dalam acara tersebut. Denny, yang mengangkat tema meningkatkan branding perusahaan untuk menarik minat kandidat yang tepat. Dalam materinya, ia menyatakan, employed branding diperlukan, untuk menarik minat kandidat. Salah satunya dengan kemasan iklan yang bagus.
“Untuk meningkatkan branding, perusahaan juga harus punya resiko. Missal lebih kreatif dengan ide yang segar, iklan menarik, dan inovatif. Itu semua membutuhkan karyawan yang royal, feedbacknya mereka harus mendapatkan reward untuk memacu semangat kerja”, pungkasnya.

53

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan