Ombudsman : Jangan Takut Lapor Kalau Ada Pungli UNBK

(Imboh Prasetyo/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan dukungannya kepada peserta didik yang akan menghadapi Ujian Nasiona Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

Diketahui UNBK tingkat SMA/SMK Sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 3 April 2017 hingga 6 April 2017. Kemudian, dilanjutkan dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi peserta didik di tingkat SMP/Sederajat pada bulan Mei 2017 nanti.

PLT Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu menyampaikan, UNBK merupakan hal yang baru didunia pendidikan Indonesia. Namun, bukan berarti sesuatu hal yang sulit dipahami.

Setiap tahunnya, tambah dia, Ombudsman Republik Indonesia mengawasi pelaksanaan Ujian Nasional, hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

“Pemerintah harus terus menerus melakukan upaya perbaikan, agar pendidikan kita semakin maju dan lebih baik,” tuturnya dalam siaran persnya, Senin (20/3).

Sebagai lembaga negara lanjut Sabarudin, yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, selain melakukan kajian pihaknya juga memantau persiapan Ujian Nasional, di Jawa Tengah.

Selain itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Panitia Ujian Nasional baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

Pihaknya menambahkan, melalui Undang-Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik memuat partisipasi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan jika terjadi penyalah gunaan.

“Yang dapat dilaporkan ke kami tentang dugaan maladministrasi atau pungli kepada orang tua atau siswa tanpa dasar hukum, karena permendikbud APBN DAN APBD,” jelasnya.

Serta, imbuh dia, jika ditemukan pengawas pelaksanaan UNBK yang tidak mengawasi secara maksimal peserta UNBK, diskriminasi kepada anak berkebutuhan khusus, dan terjadinya tindakan satuan pendidikan serta penyelenggara yang dilarang sebagaimana diatur dalam permendikbud no. 3 tahun 2017 harus dilaporkan.

Berdasarkan hal tersebut, pihaknya membuka layanan pengaduan terkait pelaksanaan UNBK tahun 2017, melalui call center 137 dan SMS pengaduan di nomor telepon 082137373737, telefon/fax di 8442627. Untuk Facebook di Ombudsman Jateng serta Twitter di @JatengOmbudsman.

Selain itu, masyarakat juga dapat menyampaikan keluhanya secara langsung dengan datang ke kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Jl. Erlangga II No. 4, Semarang.

“Apabila masyarakat menemukan pelanggaran dalam pelaksanaan UNBK jangan ragu untuk melaporkan kepada kami,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *