Kalkulator Zakat, Tinggal Klik Bayar Zakat Lebih Mudah dan Gampang

(Imboh Prasetyo/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Tingkat kesadaran pengeluaran zakat masyarakat di Jawa Tengah masih rendah dibandingkan provinsi lain di Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya zakat yang di terima lembaga pengelola zakat di setiap bulannya.

Ketua badan zakat Dompet Dhuafa Jateng Imam Baihaqi menyampaikan, saat ini pezakat di Jateng hanya berjumlah antara 300 sampai 1000 orang setiap bulannya. Masih tertinggal dibandingkan dengan provinsi lain di pulau Jawa.

“Masyarakat muslim harus sadar akan kewajibannya dalam membayar zakat sebesar 2.5 persen dari harta yang dimiliki dan di bagikan kepada kaum yang pantas menerima,” terangnya.

Pihaknya menyampaikan, saat ini tak perlu repot untuk membayar zakat. Kini masyarakat Jateng sudah dapat membayar zakat dengan mudah melalui website Kalkulator Zakat.com.

“Kami mencatat banyak pencarian di internet dengan menggunakan kata kunci kalkulator zakat. Dari dasar itu lantas kami meluncurkan KalkulatorZakat.com, yang merupakan landing page dengan tujuan untuk memberikan edukasi, penyadaran, dan kemudahan bagi masyarakat guna mendapatkan informasi seputar zakat dan cara menghitungnya sekaligus melakukan pembayaran zakat secara online,” katanya di acara peluncuran website, di D’Cost Semarang, belum lama ini.

Lebih lanjut, melalui website tersebut masyarakat akan dibantu dengan beberapa fitur yang akan mempermudah dalam berzakat. Diharapkan, melalui website tersebut masyarakat dapat melakukan secara mandiri dalam proses perhitungan serta pembayaran zakat yang dimiliki secara online.

“Biasanya umat muslim banyak yang sadar serta bergerak cepat membayar zakat diwaktu bulan Ramadhan, tercatat ada 10 ribu orang yang berzakat melalui kami selama bulan Ramadhan. Kami mengharapkan saudara kami umat muslim di Jateng secara rutin dapat menunaikan kewajibannya membayar zakat bukan hanya saat bulan Ramadhan tiba saja,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *