Ini Dia Masjid Yang Menjadi Viral Di Medsos

SEMARANG (asatu.id) – ‎Di kelurahan Podorejo, Ngaliyan, ada pemandangan yang bisa dibilang unik. tidak seperti masjid pada umumnya, masjid yang beralamat di Jalan Kyai Padak, RT 5 RW 5, Kelurahan Podorejo ini memiliki bentuk kapal yang sangat besar, lengkap dengan eksterior tambahan jendela berbentuk bulat, buritan, serta haluannya.

Dikatakan Husein orang yang dipercaya mengawasi proyek masjid kapal itu, bangunan tersebut milik seorang Kyai bernama Achmad, yang ingin membuat sebuah masjid tak hanya sebatas tempat ibadah namun bisa berfungsi lainnya. “Bisa dikata masjid ini terinspirasi oleh kisah keteladanan Nabi Nuh Alaihi Salam,” tambahnya, Minggu (12/3).

Lebih lanjut dia menerangkan, bahwa kedepan, masjid beserta bangunan lainnya bisa dimanfaatkan oleh warga secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. “Nanti bisa digunakan warga untuk pertemuan, hajatan, dan resepsi pernikahan,” katanya.

Masjid memiliki luas bangunan total 2.500 meter persegi, tiga lantai panjang 50 meter, lebar 17 meter dan tinggi 14 meter, 6 pintu utama, dan 74 bendera. Selama pengerjaan, Husein mengaku telah melibatkan 40 karyawan tukang dengan lama pengerjaan sampai saat ini sudah berjalan 1,5 tahun dengan bahan yang digunakan mayoritas adalah batu bata. “Pengerjaan lama karena memiliki kerumitan tersendiri. Ini sudah 90 persen. Total sudah menghabiskan anggaran Rp 5,5 miliyar,” ucapnya.

Untuk menambah kesan kapal lebih hidup, pihaknya juga membuat kolam air disepanjang pinggir bangunan masjid kapal. “Ini biar terlihat nampak seperti kapal sungguhan,” ujarnya.

Karena masjid yang tidak biasa itu, dia meyakini Masjid yang akan diberinama As Safinatun Najah oleh pemiliknya itu, akan menjadi destinasi wisata religi. “jadi orang bisa datang tak hanya melihat tapi bisa belajar sejarah Islam. Kalau mau selamat di akhirat,  ya belajar agama,” ungkapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *