Gadis Cantik Asal Turki Lulusan Tercepat Di UNNES

SEMARANG (asatu.id) – Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, nampaknya itulah pribahasa yang menggambarkan Esma Akin gadis Turki kelahiran 24 tahun lalu.

Meskipun jauh dan tanpa didampingi keluarganya, dia nampak bahagia mengikuti prosesi Wisuda Universitas Negeri Semarang (Unnes) Periode I Tahun 2017, pasalnya gadis yang suka makan Rendang itu menjadi salah satu mahasiswa berprestasi sebagai wisudawan tercepat dengan 7 semester di tingkat Unnes, mengalahkan 1506 wisudawan lainnya.

Gadis yang berparas menawan itu merupakan mahasiswi lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

“Saya memilih Unnes karena banyak teman saya kuliah disini. Teman saya bilang kuliah di Indonesia (Unnes) itu enak,” jelas nya pada asatu.id di Auditorium Unnes, Selasa (7/3).

Tak tanpa kendala, dirinya harus bekerja keras untuk beradaptasi dengan lingkungan, transportasi, serta makanan di Indonesia.

“Tahun pertama saya susah makan, karena disana makanya roti kalau disini harus makan nasi. Lama-lama tapi sudah terbiasa sekarang bisa makan semua masakan Indonesia,” imbuhnya.

Bahasa Indonesia lanjut dia, sudah menjadi santapnya, tanpa banyak kesulitan yang berarti dia sudah mampu menguasai bahasa Indonesia sejak 3 bulan tinggal di Indonesia.

“Disini saya belajar banyak hal, selain belajar bahasa arab saya juga belajar bahasa serta budaya Indonesia. Saya banyak ilmu disini,” katanya.

Dirinya setelah ini akan kembali ke negaranya, mengabdikan ilmu yang dimilikinya.

Gadis 4 bersaudara itu menuturkan, dirinya sudah dibantu banyak pihak sehingga membuatnya sukses menjalani pendidikan di Indonesia, namun berat hati harus kembali ke Turki.

“Saya akan kembali ke Turki, sudah ditunggu keluarga. Saya akan mempraktikkan ilmu saya, saya merencanakan melanjutkan pendidikan S2. Saya pasti rindu Indonesia, saya merasa sudah jadi orang Indonesia,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *