Kamu Harus Tahu, Cabai Terpedas Pesaing Cabai Setan

(Imboh Prasetyo/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Tahu kan bentuk cabai ? iya betul, lonjong dengan panjang bervariatif. Namun ada yang berbeda dengan cabai satu ini, cabai gendol namanya. Cabai asal Dieng ini katanya paling pedas, saking pedasnya mampu mengalahkan cabai rawit merah alias cabai setan.

Cabai gendol merupakan cabai berbentuk bulat, berkulit tebal. Saking tebalnya menjadikan kulitnya lebih keras dibandingkan dengan jenis cabai lainnya. Ukurannya kira-kira tiga kali lipat dari cabai setan pada umumnya, namun untuk level kepedasannya melebihi cabai setan.

Sang pentani Khoirun Nugroho yang lebih suka dipanggil Bawon mengatakan, cabai gendol memiliki level kepedasaan tertinggi jika sudah berwarna merah alias matang.

“Pedasnya bisa melebihi cabai setan. Tapi, pedasnya hanya berasa di mulut saja tapi yang paling keren tidak menyebabkan sakit perut,” ujar salah satu petani cabai asal Dieng itu, Minggu (5/3).

Untuk penanamannya, lanjut Bawon, dibutuhkan waktu sekitar 7 bulan dari mulai biji hingga bisa dipanen. Cara perawatannya pun tak jauh berbeda dengan cabai lainnya, namun cabai ini hanya tumbuh di dataran tinggi, 15 ribu meter diatas permukaan laut.

“Harganya Rp 20 ribu per kilo,” singkat Bawon.

Cabai hasil panennya tersebut menjadi salah satu peserta dalam Festival Buah Jawa Tengah 2017 yang digelar di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan No. 9, Semarang. Festival tersebut digelar mulai Sabtu (4/3) hingga Minggu (5/3).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *