Sidak KTR, Satpol PP Tangkap 15 Perokok Bandel

Perokok yang kedapatan melanggar diminta membuat surat pernyataan (Vedyana Ardyansah/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Selasa (28/2) siang puluhan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menggelar sidak terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di kawasan Balai Kota Semarang. Alhasil, sebanyak 15 orang berhasil ditangkap tangan Satpol PP sedang merokok di KTR tersebut.

“Yang berhasil kami tangkap ada pegawai dan tamu. Dari hasil sidak kebanyakan pegawai kami tangkap karena merokok di KTR,” ucap Kasi Penegakan Perda Satpol PP Kota Semarang, Agus Satata.

Dia mengatakan, para perokok melanggar Perda No 3 tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok. Sebagai tindakan sanksi, pihaknya mengatakan saat ini baru memberikan sanksi administrasi dengan membuat surat pernyataan.

“Tapi setelah membuat surat pernyataan ternyata kena sidak lagi, kita bawa pelanggar ke pengadilan untuk disidangkan. Untuk dendanya maksimal Rp 50 juta dan kurungan 3 bulan penjara,” katanya.

Dikarenakan saat sidak ternyata banyak pegawai melanggar, dan ini sungguh ironis, ia mengimbau agar para pegawai pemerintah bisa memberikan contoh untuk penegakkan perda KTR ini.

“Karena kita sudah 3 tahun sosialisasi KTR ini dari 2013. Kan juga sudah banyak kita tempeli tanda peringatan larangan merokok di KTR sekitar sini,” ujarnya.

Selain itu, kesadaran tentang merokok untuk tidak di KTR perlu lebih diperhatikan masyarakat. Pihaknya mengatakan akan terus melakukan sidak secara terus menerus untuk mengindahkan perda KTR tersebut.

Dia menambahkan sebelumnya pihaknya melakukan sidak serupa di SMKN 7, Taman KB, dan Masjid Baiturrahman, hasilnya sebanyak 19 pelanggar berhasil ditangkap dan diminta untuk membuat surat pernyataan.

Sementara itu, salah satu pengunjung balai kota, Jun mengaku penyediaan tempat bagi perokok mesti ada di KTR.

“Seharusnya melarang tidak boleh merokok tapi disediakan tempat untuk merokok. Tanda larangan pun menurut saya kurang maksimal, seharusnya dibuat yang gede sekalian,” tukasnya.

32

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan