SBC Bawa Kebahagiaan Untuk Setiap Orang

(Arind Reza/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Dalam rangka kegiatan bakti sosial (baksos), Semarang Beautiful Club (SBC) bersilaturahmi ke Panti Asuhan Al-Ikhsaniyah yang terletak di Jalan Candi Penataran XII No. 39, Kalipancur akhir pekan lalu.

Agenda bakti sosial ini merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan SBC tiap dua bulan sekali di panti asuhan atau panti jompo di Kota Semarang. Hal ini sejalan dengan visi SBC untuk meningkatkan kepedulian sosial anak muda yang tergabung dalam komunitas.

“Visi tersebut berusaha kami wujudkan dengan cara menjalin persahabatan antar komunitas sesuai program kerja yang direncanakan dan mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas sosial, seni, budaya, dan pengembangan destinasi wisata di Semarang,” papar Yubz Sujawir penggagas komunitas SBC di sela-sela acara baksos.

Menurut penjelasan Yubz, SBC terbentuk pada 10 Juni 2015. Komunitas ini terbentuk lewat komunikasi di aplikasi Bee Talk. Bersama komunitas lain yang juga tergabung di dalam aplikasi tersebut, SBC menjalin relasi dan menghimpun anggota.

Basecamp SBC ada di Jalan Candi Berlian II, Ngaliyan. Ada sekitar 71 orang anggota yang bergabung di SBC, hanya saja tak semuanya bisa selalu berkontribusi langsung ketika acara dilaksanakan karena perbedaan kesibukan, profesi, dan domisili luar Indonesia.

“Meskipun nggak hadir pas acara, tapi anggota SBC yang jauh tetap berkomunikasi dan support acara lewat donasi dana. Kalau donatur yang bukan anggota ada yang donasi makanan, dana juga, sekadar hiburan juga boleh,” kata Siska salah satu anggota SBC yang masuk ‘tim sibuk’ alias penggagas acara di SBC.

Wanita yang biasa disapa Bunciz ini menuturkan baksos bukan satu-satunya acara yang diadakan SBC, ada juga kopdar sesama anggota komunitas seminggu sekali, travelling, camp ceria, fotografi, dan baksos gabungan dengan komunitas lain.

Saat kegiatan baksos tersebut, rombongan SBC tiba di panti sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut Bapak Basri pemilik panti beserta anak-anak penghuni panti yang melantunkan sholawat nabi. Acara baksos dimulai dengan makan siang bersama diiringi musik akustik dari para anggota SBC.

Panti Asuhan Al-Ikhsaniyah sendiri merupakan panti yang diperuntukkan bagi anak laki-laki dan perempuan. Penghuninya berasal tak hanya dari Semarang saja, tapi juga ada yang dari Temanggung, Salatiga, Ungaran, Demak, dan lain-lain. Kurang lebih ada sekitar 50 anak yang ada di panti ini menempuh pendidikan beragam, mulai dari TK sampai perguruan tinggi.

Via, salah satu penghuni panti yang duduk di kelas XI SMK mengaku senang dengan kedatangan SBC, bahkan bersama dengan para anggota komunitas dalam kegiatan tersebut dirinya didaulat turut bernyanyi dengan iringan musik akustik.

“Kegiatan baksos kaya gini sering. Hampir tiap minggu ada, ada yang datang dari sekolah, universitas, atau dari komunitas gini juga pernah. Ya kami senang, dihibur, dikasih banyak hadiah, seru pokoknya. Semoga bisa jadi motivasi kami terus belajar dan bersyukur atas limpahan rezeki dari Tuhan,” kata Elok sesama penghuni panti lainnya.

103

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan