Sistem Online Dinilai Mujarab Tingkatkan PAD

Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana (Vedyana Ardyansah/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Untuk memaksimalkan perolehan pajak daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang melakukan sejumlah cara, salah satunya penerapan sistem e-tax atau pembayaran pajak online.

Dengan cara online tersebut, wajib pajak tidak lagi harus datang ke balai kota tapi cukup lewat rekening pembayaran pajak sudah bisa selesai terpotong otomatis dan membuat transparasi administrasi transaksi.

“Untuk sistem online ini sudah kami terapkan di sektor pajak parkir, restoran, hiburan dan hotel bekerjasama dengan perbankan. Sistem online ini dinilai efektif meningkatkan nilai pembayaran pajak,” ujar Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana disela-sela acara pemberian apresiasi 25 wajib pajak di Majesty Restaurant, Kamis (23/2).

Dia mengatakan ada perubahan sebelum dan sesudah diterapkannya sistem tersebut, seperti ada objek pajak yang nilai pajak yang dibayarkannya meningkat, misalnya dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juga, dan ada yang hanya naik sedikit. Hal ini dikarenakan karakteristik wajib pajak bermacam-macam.

Langkah lain yang dilakukan Bapenda untuk merangsang wajib pajak ialah pemberian apresiasi kepada wajib pajak yang taat membayar pajak tepat waktu serta jumlah nilai pembayaran pajaknya signifikan di sektor pajak hiburan, rumah makan, parkir dan hotel.

Ditambah dengan operasi yustisi penunggak pajak yang terus dilakukan, tahun ini target perolehan pajak daerah Kota Semarang naik 12,5% menjadi Rp1,088 triliun. Sedangkan target perolehan pajak paling banyak berasal dari sektor PBB dan BPHTB senilai Rp330 miliar, dan sampai 21 Februari sudah tercapai 11%.

39

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan