DED Pasar Johar Belum Temui Titik Terang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Vedyana Ardyansah/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku jika sampai hari ini, Jumat (24/2) belum ada keputusan final terkait Detail Engineering Design (DED). Artinya, pembahasan finalisasi DED masih belum menemui titik terang.

Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri acara pertemuan dengan dinas terkait, konsultan, akademisi, serta perwakilan pedagang di balai kota.

“Hari ini belum ada sebuah keputusan. Tadi baru tahap dengar pendapat. Saya perintahkan konsultan bisa menggambarkan dua alternatif opsi tersebut untuk dirapatkan kembali,” ujar pria yang akrab disapa Hendi ini.

Hendi menjelaskan dua pendapat itu muncul dari perwakilan pedagang dan kalangan yang menginginkan Pasar Johar bisa dibangun kembali seperti semula.

“Pertama, pedagang minta bangunan tidak lebih dari 3 lantai. Tapi jangan juga diabaikan masukan dari akademisi dan beberapa kawan-kawan yang menghendaki supaya alun-alunnya bisa dibuat sedemikian luas,” jelasnya.

Pihaknya berharap, jika pertemuan kembali yang rencananya akan diadakan Selasa atau Rabu depan bisa menemui titik temu terkait DED Pasar Johar.

“Harapannya segera secepatnya diambil keputusan karena kami pada tahun ini sudah merencanakan mulai pembangunan pasar. Kalau mundur-mundur terus ya nanti pasarnya nggak jadi-jadi,” tambahnya.

Pembangunan yang menelan anggaran Rp 50 Miliar tersebut, masih lanjut Hendi, rencananya akan dialokasikan di dua tahap anggaran.

“Kalo ngimpi saya sih dua tahap. Jadi kalau ini bisa berjalan, diakhir 2018 akan selesai. Tapi kita lihat situasi saja, kalau ada kendala ya maksimal 3 tahun anggaran selesai,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan jika di dalam pertemuan selanjutnya pemerintah sudah harus bisa memutuskan DED Pasar Johar Baru, sehingga pedagang secepatnya bisa menempati kembali pasar yang terbakar 9 Mei 2015.

“Saya berharap setelah konsultan memberikan pemaparan, pemerintah  memutuskan dan segera melaksanakan pembangunan pasar,” tukasnya.

49

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan