Satpol PP Jateng Sidak Galian C Illegal

Kepala Satpol PP Jateng Sinung N. Rachmadi memimpin langsung sidak di lokasi Galian C illegal yang ada di Desa Candimulyo, Wonosobo (istimewa/asatu.id)

WONOSOBO – Maraknya praktek galian C illegal di Jawa Tengah membuat pihak Pemerintah Provinsi Jateng tak kenal lelah melakukan tindak razia penertiban. Selain menjaga agar kondisi lingkungan alam tetap terjaga, penindakan tersebut dilakukan agar para penambang liar jera dan menghentikan kegiatannya.

Salah satunya seperti yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Tengah yang pada Selasa (21/2) siang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat galian C illegal di Desa Candimulyo, Kretek, Wonosobo.

Dipimpin langsung oleh Kepala Satpol PP Jateng Sinung N. Rachmadi, tim Satpol PP langsung mendatangi lokasi galian dan menghentikan seluruh kegiatan penambangan liar tak berizin tersebut.

Tim sidak sendiri terdiri dari unsur Satpol PP Provinsi Jateng dan Kabupaten Wonosobo, Balai ESDM Provinsi Wilayah Wonosobo, Polresta Wonosobo, dan Kodim Wonosobo. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Sekda Kabupaten Wonosobo dan Asisten Pemerintahan Sekda Wonosobo.

Kepala Satpol PP Jateng Sinung N. Rachmadi mengatakan, sidak tersebut dilakukan atas dasar respon cepat dari laporan masyarakat yang sudah sangat resah terhadap perilaku penambangan illegal galian C yang merusak lahan subur menjadi sangat kritis.

“Ini nggak bisa dibiarkan, harus kita proses. Candimulyo sebagai sabuk hijau lahan subur berubah menjadi lahan kritis akibat penambangan illegal sehingga sangat membahayakan kelestarian lingkungan dan mengganggu keamanan masyarakat serta merusak akses jalan,” kata Sinung bersungut melihat kondisi lapangan.

Dari hasil sidak tersebut, tim Satpol PP berhasil menyita 6 back hoe yang diberi police line serta peralatan mesin lainnya sebagai barang bukti sita yang kemudian diserahkan ke pemkab setempat untuk diproses lebih lanjut.

Pemkab Wonosobo melalui Sekda Kabupaten menyampaikan apresiasi dan sangat berterimakasih atas dukungan jajaran Pemprov dan Polri serta TNI dalam operasi sidak tersebut. Apalagi kegiatan tersebut demi penyelamatan ekosistem lingkungan di wilayahnya, selain itu juga diharapkan kedepannya bisa dilakukan operasi berkelanjutan yang dilakukan secara senyap.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *