Kambing Jenis Ini Dipilih Kuncen Farm

Semarang (asatu.id) – ‎Kuncen Farm nampaknya menjadi potensi yang saat ini jadi fokus pengembangan di Desa Kuncen Kelurahan Bubakan Kecamatam Mijen. Apa itu Kuncen Farm?
Kuncen Farm adalah kelompok tani setempat yang memaksimalkan potensi Kambing Etawa sebagai produk, terutama susunya.
Berdiri sejak Februari 2015, Kuncen Farm dikelola oleh 24 warga yang ada di RT 3 Desa Kuncen. Mereka mendirikan kandang kambing baik secara komunal maupun di rumah masing-masing anggota kelompok tani. Sudah ada 300 kambing etawa yang dimanfaatkan disana.
“Kami lakukan pembibitan (breeding), penggemukan (fattening), dan penjualan susu baik segar sampai olahannya,” papar Ahmad Zaidi, Ketua Kelompok Tani Ternak Kambing Kuncen Farm, Jumat (10/2).
Dia memaparkan, bahwa produksi susu segar bisa mencapai 25-30 liter perharinya. “Dijual ke pengepul biasanya untuk pasteurisasi susu dan bahan kosmetik. Kita jual Rp 25 ribu perliternya,” ucapnya.
Dikatakannya, warga Kuncen lebih memilih beternak kambing etawa dibanding sapi lantaran dari segi modal dan perawatan lebih murah dan mudah. Dengan modal yang sama, kambing etawa lebih banyak menghasilkan dibanding sapi.
“Selain mengambil susunya, produk olahan lainnya yang dikelola sendiri yakni pembuatan yoghurt, kefir dan sabun susu. Meski pemasaran masih terbatas pada warga sekitar namun cukup menghasilkan dampaknya secara ekonomis,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menerangkan. Kuncen Farm kerap mengikuti lomba antar kelompok tani, baik secara pribadi maupun mewakili kota Semarang dan Jawa Tengah.
“Kami juga memenangi Juara 1 Kelompok Tani Ternak Kambing pada HUT kota Semarang ke-468, Juara 1 Manajemen Usaha Kelompok Tani Ternak Kambing 2016 Provinsi Jateng, dan Juara 3 Nasional Manajemen Usaha Kelompok Tani Ternak Kambing 2016,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *