Penguatan Heritage Pasar Johar Sedot Anggaran Rp 45 M

Pasar Johar Pasca Kebakaran (istimewa/fb admd)

SEMARANG (asatu.id) – Tahun ini, Dinas Penataan Ruang Kota Semarang akan memulai pembangunan bagian heritage Pasar Johar yang rusak setelah terjadi kebakaran pasar beberapa waktu lalu.

“Untuk Pasar Johar, ini sedang persiapan pembangunan fisik. Penguatan bagian-bagian pasar yang termasuk bangunan heritage,” kata Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, Agus Riyanto, Kamis (2/2).

Seperti diketahui, Pasar Johar termasuk cagar budaya yang didalamnya membutuhkan penanganan khusus pasca kebakaran 9 Mei 2015. Hal tersebut membuat perlu adanya perbaikan terlebih dahulu. Selain itu, pembongkaran dan penggantian struktur bangunan memang tidak diperkenankan.

“Total anggaran yang dialokasikan untuk revitalisasi Pasar Johar sekitar Rp 600 miliar. Tahun ini untuk kegiatan penguatan bangunan heritage sendiri dianggarkan sebesar Rp 45 miliar. Ditambah bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 100 miliar,” ungkapnya.

Agus menerangkan, bahwa dalam pelaksanaanya, pemerintah pusatlah yang menentukan penguatan tersebut. “Setelah penguatan bangunan heritage, di 2018 akan dimulai pembangunan fisik lainnya. Target pembangunan pasar selesai tahun 2020,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *