Jalan Satu Arah Harus Utamakan Lahan Parkir

Djoko Setijowarno.

SEMARNG (asatu.id) – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam pemberlakuan sistem jalan satu arah di beberapa Jalan protokol harus memperhatiakan penataan lahan parkir. Hal itu diungkapkan oleh pengamat transportasi Universitas Soegijapranata (Unika) Semarang Djoko Setijowarno.

“Penerapan sistem satu arah harus disosialisasikan dengan baik, terlebih ruas jalan yang diterapkan sistem satu arah adalah jalan-jalan bisnis dan perkantoran. Intinya agar perekonomian tidak terganggu,” katanya.

Disisi lain kata dia, salah satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah masalah parkir. Jangan sampai dengan sistem satu arah justru jalan dijadikan tempat parkir liar.

“Parkir di tepi jalan menyita ruang jalan sekitar 30%-50% kapasitas jalan yang ada. Jangan sampai seperti Jalan MT Haryono, meski sudah satu arah tapi tetap macet karena ruas jalan digunakan untuk parkir,” ucapnya.

Menurut dia, untuk mengurangi aktivitas parkir tersebut, maka harus dibuatkan kantong-kantong parkir, sehingga tidak ada kendaraan yang parkir di pinggir jalan, yang menghambat lalulintas.(HP)

40

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan