MK Harus Bisa Dapatkan Kepercayaan Rakyat Lagi

SEMARANG (asatu.id) – Menanggapi operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap hakim MK Patrialis Akbar atas kasus dugaan suap dari pengusaha impor daging, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Bambang Sadono menilai Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki tantangan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

“Saya kira normal saja orang melihat kejadian itu kemudian masyarakat banyak yang tidak percaya kepada lembaga-lembaga negara,” kata pria kelahiran asli Blora Jawa Tengah itu, di Semarang, baru baru ini.
Kata Bambang, lembaga-lembaga negara harus bisa mengembalikan kepercayaan rakyat. “Ya, ini tantangan bagi lembaga-lembaga negara untuk membuktikan bahwa dia pantas dipercaya”, ucapnya.

Namun, kata mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu, masyarakat yang menaruh ketidakpercayaan terhadap peran lembaga negara justru antipati. “Masyarakat juga ‘ga’ boleh kemudian, misalnya ‘ga’ percaya, seolah-olah harus dihilangkan semua.

Misalnya, orang ‘ga’ percaya terhadap DPR. Apakah negara bisa tanpa DPR? Kan ga mungkin. Masyarakat juga harus ikut membantu terciptanya lembaga-lembaga negara yang baik.” ungkapnya.

Mengenai perlunya pembenahan dalam proses rekrutmen hakim MK, masih lanjut Bambang. “Para pengampu kebijakan di lembaga-lembaga negara pasti akan berpikir jika itu salah satu langkah penting untuk perbaikan ke depan”, tutupnya.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *