Pasar Mijen Perlu Revitalisasi

SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang berencana merevitalisasi Pasar Mijen tahun 2018. Melihat situasi dan kondisi saat ini, pasar penggerak perekonomian di kawasan Kecamatan Mijen memang layak segera untuk direvitalisasi.

Pemkot menargetkan jika DED Pasar Mijen akan rampung pada Agustus atau September sehingga pada 2018 bisa dilakukan pengerjaannya.

“Tahun ini untuk Pasar Mijen kami mencanangkan anggaran  untuk Detail Enggenering Desaign (DED), ini sudah saya bicarakan dengan Dinas Perdagangan,” kata Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Jumat (28/1).

Dirinya meminta, agar Dinas Perdagangan yang nantinya ikut menangani revitalisasi melakukan kajian. “Kondisi Pasar Mijen saat ini harus menjadi pertimbangan oleh Dinas Perdagangan dalam menyususn DED, pedagang harus dilibatkan seperti apa keinginannya. Jangan sampai saat dibangun baru, lapaknya ukuran jadi berkurang,” ujarnya.

Sementara Camat Mijen Ali Muchtar mengatakan, pihaknya dengan senang hati menyambut jika Pasar Mijen dapat direvitalisasi untuk lebih baik. “Kami senang jika pasar dibangun lebih baik lagi”, ungkapnya.

Mengenai Pasar Mijen sendiri, lanjutnya, bahwa kondisi dan letak pasar saat ini harus benar-benar dipertimbangan oleh pmerintah dalam merevitalisasi.

“Apalagi lahan Pasar Mijen itu sempit, baik semua sisi bersebelahan langsung dengan rumah warga. Ini harus menjadi pertimbangan DED bagi Dinas Perdagangan supaya semua pedagang bisa tertampung dengan bangunan yang baru,” terangnya.

Bahkan, dia berharap agar Dinas Perdagangan mendata secara detail para pedagang baik yang ada di dalam maupun di luar pasar. Pasalnya, saat ini masih ada pedagang berada di luar pasar, hal ini kerap membuat macet jalan raya.

“Itu Jalan RM Hadi Soebeno juga akan ada pelebaran di tahun ini, ini juga harus menjadi pertimbangan karena pastinya lahan pasar akan terdampak. Mungkin bisa jadi Pasar Mijen dibuat tingkat dua agar semua pedagang bisa masuk kedalam,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *