Ini Dia Olahraga Anti Mainstream Yang Wajib Dicoba

IMG_3609SEMARANG (asatu.id)- Hockey merupakan salah satu cabang olahraga yang ada di dunia. Hockey merupakan sebuah permainan yang dilakukan dengan cara mendribble bola, passing, dan shooting menggunakan stick. Permainan ini mirip dengan sepak bola, hanya saja bola di larang menyentuh kaki.

Universitas Negeri Semarang melalui UKM Hockey mempunyai peran yang cukup fital bagi perkembangan olahraga yang satu ini.

“Memang hockey merupakan olahraga yang masih belum dikenal banyak kalangan masyarakat, namun Hockey sudah menjadi olahraga nasional sejak tahun 1960-an dan di tahun-tahun berikutnya resmi menjadi cabang olahraga prestasi di PON,” jelas Koko Tiyastoro ketua UKM Hockey UNNES pada asatu.id, Minggu (22/01).

UKM yang terbentuk pada tahun 2009 tersebut sudah menjalani banyak lika-liku, namun masalah yang selalu menjadi ganjalan adalah banyaknya event yang dibarengi dengan seretnya pendanaan. “Universitas pasti support kami, tapi UKM di UNNES kan banyak. Kalau kita paksa untuk ikut semua event masih belum bisa, kami berharap ada sponsor yang bisa membantu,” imbuhnya.

IMG_3543

Meskipun sulit, UKM Hockey sudah meraih prestasi tingkat daerah maupun nasional, diantaranya Juara 3 Putra Invitasi Hockey Ruangan antar Perguruan Tinggi di Institut Teknologi Bandung tahun 2013, Juara 2 Putra Invitasi Hockey Ruangan antar Perguruan Tinggi Institut Teknologi Bandung tahun 2014, Juara 2 Putri Kejuaraan Hockey Ruangan antar Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta tahun 2016, Juara 4 Putri Kejuaraan Piala Walikota Surabaya di Dharmawangsa Hockey Stadium, Surabaya tahun 2016 , dan segudang prestasi lainnya.

“Bulan Februari kita akan mengikuti  Kejuaraan Hockey Field katagori U-21 putra di Sijalak Harupat Soreang, Bandung,” katanya.

Anggota UKM Hockey UNNES berjumlah 60 orang putra putri yang terbagi dalam cabang hockey field, ruangan (indoor), dan floorball.

“Latihan untuk cabang field diadakan setiap hari Selasa dan Kamis sore di Lapangan Kamiso UNNES, untuk cabang Indoor setiap hari Rabu dan Jumat malam di lapangan Dumadi UNNES, sedangkan untuk cabang Floorball diadakan latihan menjelang event  dimulai, karena semua pemain floorball berasal dari hockey field dan indoor,” tuturnya.

Dalam rangka mengembanggkan olahraga hockey, UKM Hockey UNNES bekerjasama dengan Pengurus Cabang Provinsi (Pengprov) Hockey Jateng. UKM Hockey UNNES sering membantu mensukseskan kejuaraan daerah baik tingkat pelajar ataupun tingkat umum, serta membantu mensosialisasikan Hockey ke daerah-daerah.

“Dari kerjasama antara UKM Hockey UNNES dan Pengprov Jateng, di harapkan mampu membawa hockey mejadi salah satu cabang olahraga yang dapat di pertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 nanti,” tungkasnya.

307

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *