KSB, Kumpulan Pemuda Tanggap Bencana Asal Kalipancur

ksb kalipancur2-1Semarang (asatu.id) – Sebagai bentuk antisipasi bencana, kini Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan memiliki kelompok Kelurahan Siaga Bencana (KSB) yang sewaktu-waktu bisa diperbantukan dalam penanggulangan bencana di Kalipancur.

Kelompok KSB ini, dibentuk inisiatif dari warga Mayangsari dimana di daerah tersebut sangat banyak potensi anak-anak muda yang bisa diandalkan menjadi anggota KSB.

“Para pemuda KSB dilantik oleh Wali Kota Semarang dan mendapat lisensi pelatihan khusus kesiagabencanaan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang akhir tahun lalu,” ujar Kepala Kelurahan Kalipancur Indriastuti, baru baru ini.

Jadi menurutnya, mereka sudah terlatih baik teori ilmu bencana, pra, saat dan pasca-bencana. Apalagi wilayah Kalipancur tak hanya rawan banjir sungai, namun juga kerap terjadi tanah longsor.

“Kita akan berupaya maksimal saat terjadi bencana, harus ada kewajiban moral peduli orang lain. Tujuannya untuk meminimalkan korban,” tambahnya.

Untuk menunjang keefektifan penanggulangan,  KSB Kalipancur juga memilki beberapa sarana dan prasarana perlengkapan seperti rompi apung, perahu karet, penerangan, alat komunikasi dan lainnya.

“Kami berharap adanya KSB warga semakin peduli dan semangat untuk saling gotong royong membantu sesama jika ada bencana yang datangnya sewaktu-waktu,” harapnya.

Dikatakannya, Sebanyak 30 anggota KSB terbentuk sebagai kader siaga bencana yang sewaktu-waktu bisa diperbantukan dalam penanggulangan bencana di Kalipancur. (Vedyana Ardyansah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *