15 Kabupaten Jateng Sumbang 14% Kemiskinan

IMG_20170115_072740Semarang (asatu.id) – 15 Kabupaten di Jawa Tengah sumbang 14% kemiskinan nasional, diketahui 15 daerah yang masuk dalam kategori miskin tersebut rata-rata adalah daerah pertanian.

Ketua DPD HKTI  Jateng sekaligus Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro mengatakan, 15 kabupaten yang masuk kategori miskin tersebut adalah Pemalang, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Wonosobo, Brebes, Purworejo, Klaten, Sragen, Purwodadi, Demak, Rembang dan Blora.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DPD Jateng bersama dinas provinsi, dinas kabupaten, dan kementerian terkait akan saling bekerjasama dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya petani.

“Diketahui saat ini harga cabai sedang tinggi, namun justru petani masih belum bisa merasakan, berarti ada masalah di lalulintas perdagangan cabai, dan perdagangan harus diawasi,” tutur Darori dalam rapat kerja daerah HKTI di Hotel Grasia, Sabtu (14/1).

Darori menjelaskan, HKTI akan bekerjasama dengan aparat pemerintah terkait, LSM, dan organisasi serupa HKTI untuk mengawasi lalu lintas perdagangan agar masyarakat (petani) tidak dirugikan.

“Kami akan ciptakan stabilisasi harga, kami akan menjalin kemitraan dengan pengusaha agar harga tidak turun apabila panen raya tiba,” tutur Sarwo Edhy dari Direktorat Buah dan Florikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian. (Imboh Prasetyo)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *