Masyarakat Diminta Awasi Pekerjaan Pemkot

20170112_094426_33129Semarang (asatu.id) – Setelah penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2017 yang sudah disetujui DPRD Kota Semarang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta seluruh dinas segera melaksanakan rencana kegiatannya.

“Kita sudah penuhi komitmen pembahasan anggaran dengan dewan tuntas sebelum bulan Desember, dan itu sudah kita penuhi. Sekarang tinggal kewajiban dari kawan-kawan pejabat pemerintah untuk melaksanakan yang sudah disepakati antara rencana kegiatan Pemkot dan Dewan,” ujarnya, Jumat (13/1).

Wali kota menargetkan, beberapa catatan yang perlu segera diselesaikan yakni penempatan staff, Surat Keputusan pengguna anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Kuasa Pengguna Anggaran bisa clear di akhir Januari.

“Target Januari semua sudah clear, harapannya agar proses pelelangan untuk rencana kerja dapat dimulai awal bulan Februari,” ujarnya.

Hendi sapaan akrab wali kota berharap agar pejabat yang memiliki wewenang tidak melakukan pemotongan hibah. “Masyarakat juga harus proaktif ketika menerima anggaran yang tidak sesuai kwitansinya,” ucapnya.

Hendi menambahakan, masyarakat berhak melaporkan kepadanya selaku pimpinan pejabat-pejabat Pemkot mengenai adanya ketidaksesuaian dana yang diterima. “Bisa melaporkan juga kepada kawan-kawan kepolisian,” terangnya.

Selain itu Hendi juga meminta masyarakat untuk bisa mengawasi pembangunan fisik yang dikerjakan pemkot. “Pembangunan fisik juga begitu, saya berharap apa yang sudah dibangun oleh Pemkot, masyarakat ikut mengawasi. Misalnya jalan disini ketebalannya kurang dan tidak sesuai perencanaan, setelah ada laporan pasti inspektorat masuk untuk memeriksa,” tukasnya.

Untuk informasi, Dinas Pendidikan menjadi pengguna anggaran tertinggi dibanding dinas lainnya. Yakni 26 persen dari APBD Kota Semarang yang senilai Rp 4,4 triliun. Disusul kemudian dinas teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan, dan Dinas Penataan Ruang sebagai pengguna anggaran tertinggi. (Vedyana Ardyansah)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *