1433 Petani Semarang akan Dapatkan Kartu Tani

20170112_085922_18331SEMARANG (asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), memberikan Kartu Tani kepada 1.433 petani di Kota Semarang. Dengan menggunakan kartu tersebut, petani mampu dengan mudah membeli pupuk bersubsidi.

Pimpinan BRI Cabang Semarang Agus Raharjo menyerahkan secara simbolis kartu tani ke Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota, Kamis (12/1). Setelah itu langsung dipraktekkan penggunaan teknis kartu tani oleh salah satu petani yang disaksikan langsung Walikota Semarang.

Agus Raharjo mengatakan, dari total ada 1.433 Kartu Tani yang akan diberikan kepada petani di Semarang sebanyak 231 sudah didistribusikan pada tahap pertama minggu lalu.

“Kartu Tani tidak hanya untuk membeli pupuk saja. Tapi kartu ini bisa sekaligus dimanfaatkan juga untuk mengambil uang sebagai ATM”, terangnya.

Teknisnya, Petani yang memiliki kartu tersebut bisa membeli pupuk bersubsidi di pengecer yang menjadi mitra BRI.

Sumardi, petani dari Gunungpati mengatakan, dengan adanya kartu tani memudahkannya untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. ” saya membutuhkan 1,2 ton pupuk untuk lahan sawah saya yang seluas 3000m2 dengan Kartu Tani. sekarang beli pupuk berubsidi lebih praktis,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik adanya kartu tani tersebut. Beberapa kelebihan dia beberkan dalam sambutannya. “Kelebihannya banyak, cara pembelian gampang, pastinya bersubsidi, dan terhindar dari pidana. Sebab subsidi pupuk selama ini sering terjadi persoalan seperti salah kirim, dan lain-lain. Harapan pengelolaan pertanian lebih maksimal dan hasilnya lebih banyak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Rusdiana menambahkan, ada 29 pengecer mitra BRI di 9 kecamatan yang siap melayani petani pemegang kartu tani. Seperti di Kecamatan Mijen, Ngaliyan, Gunungpati dan lainnya yang masih punya potensi pertanian. “Penerima Kartu Tani sementara ini adalah petani yang punya lahan sawah bersertifikat”, tukasnya.

Sebagai informasi Pemberian Kartu Tani ini serentak di 35 kabupaten/kota di Jateng yang dipusatkan di Kabupaten Magelang.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *