Tunggu Raperda, Metrologi Legal Ditarget Rp 2 Miliar untuk PAD

20161215_115920_133549SEMARANG (asatu.id) – Dinas Perdagangan Kota Semarang, saat ini memiliki Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) baru, yakni Metrologi Legal. Berkantor di Jalan Imam Bonjol Nomor 110 Semarang, UPTD diharapkan mampu menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar RP 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar per tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto.

“Pelaksanaannya, nanti bisa menarik retribusi sebagai salah satu sumber PAD. Metrologi Legal ditarget Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar per tahun,” ungkapnya, Selasa (11/1).

Mengingat keberadaan Metrologi Legal di wilayah Kota Semarang satu-satunya, Ia mengaku yakin bisa mencapai target PAD tersebut. Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu disahkannya Raperda sebagai payung hukum retribusinya.

“Untuk Kabupaten/Kota di sekitar Semarang bisa lakukan tera, dan tera ulang di sini. Nanti kami koordinasi dengan wilayah Kedungsepur untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU). Untuk saat ini sarana dan prasarana timbangan telah komplit,” ucapnya.

Sebelumnya, Metrologi Legal berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Tengah. Setelah penyerahan pengelolaan, saat ini Metrologi legal dibawah pengawasan Pemkot Semarang.

Kasubag Tata Usaha Metrologi Legal Dinas Perdagangan Kota Semarang, Hapsoro mengatakan, pihaknya belum melakukan operasional atau pelayanan karena masih menunggu izin Surat Keputusan Pelaksanaan Pelayanan Tera Ulang (SKPPTU).

“Selain itu Metrologi Legal juga masih menunggu Peraturan Daerah (Perda) terkait pengaturan retribusi untuk menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Nantinya, kantor ini menjadi pusat pelayanan Tera, Tera Ulang alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapan (UTTP). Mulai dari pengukuran taksi, SPBU, apotek, pedagang timbangan dan lain-lain. Semuanya harus dilakukan standarisasi,” ujarnya.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *