Peran Serta Masyarakat Juga Penting Dalam Soal Banjir

vlcsnap-2016-12-27-13h23m34s123SEMARANG (asatu.id) – Peran serta masyarakat sekitar dalam penanganan banjir yang terjadi di beberapa wilayah Kota Semarang diharapkan mampu bersinergi dengan program pemerintah. Hal tersebut disampaikan Wachid Nurmiyanto, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang.

Dirinya menjabarkan, partisipasi masyarakat yakni bisa berupa pemberian laporan informasi kepada aparat pemerintah sekitar adalah salah satu cara peran serta masyarakat dalam menangani persoalan banjir. “Memang peran serta masyarakat sangat penting dalam hal ini. Tentu masyarakat juga harus bisa bersama-sama untuk merencanakan dan menyelesaikan persolan banjir ini,” katanya.

Dengan menyampaikan informasi kepada aparat pemerintah terdekat, lanjut Wachid, diharapkan setelah itu terjadi penyampaian informasi ke tingkat pemerintah kota. “Misalnya laporan terkait banjir kepada aparat setempat yakni pak Lurah, Nanti dari situ kelurahan akan menyampaikan ke pemkot. Lha dengan seperti itu akan menjadi disain yang tuntas dan paripurna dalam penanganan banjir,” tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan perlu adanya langkah pembenahan dan normalisasi saluran saluran yang ada dikampung-kampung. “Jadi sembari pemkot mendapatkan bantuan untuk normalisasi BKT dari pusat, diharapkan juga ada langkah pembenahan dan normalisasi saluran saluran yang ada dikampung-kampung. Kalau saluran tidak dirapikan, tidak dibuat disain yang sedemikian rupa, akhirnya nanti air akan meluap ke jalan-jalan. Oleh karena itu hal-hal seperti ini juga harus bisa diantisipasi oleh pemkot,” tukasnya. (VA)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *