3 Raperda Segera Dikebut Selesai 2016

dprd-tunggu-raperda-usulan-pemkot-620x332SEMARANG (asatu.id) – Memasuki akhir tahun 2016, Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Kota Semarang masih menyisahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang belum disahkan. Padahal, tahun 2017 tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

Menurut Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, pihaknya akan segera menyelesaikan 3 perda yang belum terselesaikan pada akhir tahun ini. berdasarkan target awal di tahun 2016 jumlah Raperda yang akan diselesikan sebanyak 22 buah. Namun, hingga kini baru 18 Raperda yang telah disahkan.

“Jadi masih ada pembahasan 3 Raperda lagi. Mudah-mudah akhir tahun sebelum masa Reses 3 pembahasan raperda bisa disahkan sebagai Perda,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, dewan juga mempunyai kewajiban untuk mencabut 4 perda yang telah dicabut oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Idealnya, tiap tahun minimal bisa menyelesaikan 20 Raperda. Namun di tahun 2016 bisa mensahkan lebih dari biasanya,” tambahnya

Dia menyatakan, baru di tahun ini dewan bisa mensahkan 22 Raperda. Ditambah lagi ada perda yang harus kita cabut. Harapannya, dewan bisa kerja dengan lebih baik dan tepat waktu tanpa harus  mengurangi kualitas produktifitas perda yang dihasilkan.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan, tiga Raperda yang belum disahkan itu, akan dibahas melalui Panitia Khusus (Pansus) yang telah dibentuk berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus).

“Minggu-minggu ini tinggal dikebut sejumlah pekerjaan rumah yang harus selesai, termasuk pembahasan sampai pengesahan tiga raperda agar jadi perda. Sehingga bisa menjadi produk hukum nantinya,” tukasnya.(AC)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *