Pemindahan Pedagang Pasar Kembang Kalisari Harus Bersifat Transparan

20161213_160012SEMARANG (asatu.id) – Penyelesaian pembangunan proyek revitalisasi Pasar Kembang Kalisari tahap pertama saat ini sudah masuk penyerahan sementara pekerjaan.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Penataan Kawasan Kali Semarang Segmen Pasar Kembang Kalisari, Herawan Widjajadi mengatakan, untuk minggu ke depan, pihaknya memprioritaskan penyelesaian pembersihan dan perapian. Setelah itu kemudian pihaknya akan berkoordinasi dengan pedagang untuk persiapan pindahan.

“Sesuai kontrak pekerjaan revitalisasi pasar tersebut seharusnya selesai pada 24 Desember. Tapi pada 13 Desember ini sudah diserah terima pertama atau Provisional Hand Over (PHO),” jelasnya, Selasa (13/12).

Herawan menambahkan, pekerjaan pembangunan akan dilanjutkan pada tahap kedua yang proses lelangnya diharapkan dimulai Januari-Februari 2017. Pekerjaan fisiknya bisa dilakukan Maret atau April 2017.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang Beta Marhendriyanto memaparkan, Pasar Kembang Kalisari tidak boleh ditempati sebagai tempat tinggal. Dirinya juga menginginkan agar pedagang tidak menambah atau membuat tambahan bangunan semi permanen di kios karangan bunga. ”Jadi di bagian atas sebagai kios karangan bunga atau area produksi. Sedangkan yang bawah adalah untuk galeri atau pemeran dagangan.”

Afri Rismoko salah satu pedagang, menginginkan agar segera menempati kios baru tersebut. Ia mengungkapkan, bahwa selama musim penghujan di area relokasi Lapangan Garnisun akses untuk para pembeli dianggapnya sulit dilalui. Mengingat tanahnya yang sering landai dan becek ketika hujan turun.

Dirinya juga berharap, pemindahan pedagang ke area pasar yang baru berjalan transparan.

“Proses pemindahan pedagang harus transparan dan sesuai jumlah pedagang yang ada sebelumnya. Itu tempat (kios baru-red )katanya khusus penjual tanaman hias dan karangan bunga, tapi di lapangan garnisun ada penjual pot, nanti mau ditaruh dimana?,” tandas pemilik Manggar Florist.(AC)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *