Rela Long March 150 Kilometer Demi Tagih Janji Gubernur Jateng

20161209_093134SEMARANG (asatu.id) – Aksi menolak kehadiran pabrik semen di Rembang, sekitar 300 warga dari Rembang melakukan jalan kaki (longmarch) dari Rembang dan berakhir di kantor Gubernuran Jawa Tengah, mereka berharap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mancabut surat ijin yang dikeluarkannya, Jumat (9/12).

Demo long march yang diikuti yang warga dengan berjalan kaki sejauh 150 kilometer dari Rembang ke Semarang dengan mengenakan berbagai atribut, yakni caping yang bertuliskan “tolak pabrik semen” dan sejumlah bendera serta spanduk bertuliskan penolakan pabrik semen.

Gunretno, tokoh Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) mengatakan, bahwa aksi jalan kaki tersebut dilakukan untuk menagih janji Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mencabut izin lingkungan yang tertuang dalam amar putusan MA tertanggal 5 Oktober 2016. Aksi ini juga dilatarbelakangi untuk mengawal putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung terkait izin lingkungan untuk PT Semen indonesia.

20161209_095302

“Kami disini untuk mengawal keputusan MA. Kami mendesak Gubernur untuk patuh hukum terhadap putusan MA dan menghormatinya, Pak Gubernur sering bicara untuk taat hukum. Masyarakat sudah mengikuti, kami harap gubernur menepati janjinya apa yang telah disampaikan,” tegasnya.

Pihaknya mengaku, Ganjar memang mencabut izin lingkungan pabrik semen Gresik, namun pihaknya juga menerbitkan izin lingkungan baru untuk penambangan dan operasionalisasi PT Semen Indonesia di Rembang. Dirinya mempertanyakan dasar amdal dari izin baru tersebut.

“Ketika izin lingkungan terbit dasarnya Amdal yang lama. Berarti dasar yang dipakai itu tetap lama atau diubah? Kalau diubah kok cepat sekali, kapan prosesnya?,” tambahnya.

Joko Priyanto, koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) mengatakan, alasan pihaknya terus memperjuangkan kelestarian pegunungan kendeng agar semua terhindar dari ancaman bencana ekologis dan demi masa depan.(AC)

58

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan