DPW AKUMANDIRI JATENG Siap Fasilitasi Permodalan IUMKM

Captio : Ketua IUMKM AKUMANDIRI Madyo Sriyanto

Captio : Ketua IUMKM AKUMANDIRI Madyo Sriyanto

SEMARANG (asatu.id) – Tidak dipungkiri para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi sektor penting dan berkontribusi dalam mewujudkan sasaran penguatan ekonomi di daerah. ini mendorong banyak bermunculan Asosiasi yang mengurus UMKM,tapi bukan menjadi jaminan seluruh program pemerintah untuk pelaku UMKM terserap dengan baik.
Melihat hal tersebut Assosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) hadir mengambil peran strategis dalam memperjuangkan IUMKM, dan membantu program pemerintah mulai dari pendataan anggota yang konkrit, penyuluhan dan pelatihan peningkatan teknis (kewirausahaan) sampai dengan pemasaran produk produk anggotanya. Sebagai wadah pembina dan pemasaran hasil-hasil Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (IUMKM), Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia AKUMANDIRI hendaknya memberikan pemahaman bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa program pengembangan bagi UMKM, agar setiap UMKM produktif , berkarakter dan mampu bersaing di pasar internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Tengah (Jateng) Madiyo Sriyanto, bahwa AKUMANDIRI merupakan wadah untuk memfasilitasi dan penataan hubungan antara UMKM dan pemerintah, perbankkan,pengusaha dan sesama UMKM. “Pada intinya kami siap memfasilitasi dan melakukan pendampingan permodalan guna mengembangkan IUMKM para anggota kami,” katanya saat ditemui asatu.id di kantornya Jalan Singosari IX no 6 Semarang, Jumat (9/12).

Pada dasarnya, lanjut Madiyo, keberadaan AKUMANDIRI di Provinsi Jateng diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku IUMKM.Dengan program memberikan pelatihan pelatihan peningkatan kapasitas teknis,bantuan sebagai fasilitator permodalan usaha dengan menjalin hubungan dengan lembaga lembaga keuangan serta membantu pemasaran hasil-hasil IUMKM. “Progam kerja inilah yang menjadi poin plus bagi kami, AKUMANDIRI akan menjadi lini terdepan dalam dunia IUMKM, dengan orientasi “action group” dengan tujuan mencapai kesejateraan anggota akan tercapai,” paparnya.

Bagi calon anggota yang berminat bergabung dan anggota bisa menghadiri kegiatan kami tentang pengenalan visi misi dan program kerja AKUMANDIRI pada tanggal 21 Desember 2016 bertempat di indomaret point lantai 2. Jl. Pemuda Semarang, untuk itu bisa menghubungi sekretariat kami di nomor 08112884888 imbuhnya. Untuk saat ini, pihaknya mengaku tengah mengembangkan sayap dengan membentuk DPD di Wilayah Jawa Tengah serta melakukan pendataan anggota.

“Untuk saat ini sudah ada 4 Dewan Pimpinan Daerah yang sudah dilantik diantaranya, Semarang, Kudus, Jepara dan Surakarta. Di 2017 tri wulan pertama IUMKM AKUMANDIRI menargetkan ada 15 DPD lagi yang nantinya kami lantik, saya berharap dengan adanya IUMKM AKUMANDIRI bisa menfasiitasi para pelaku IUMKM dalam mengembangakn usahanya,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Hermawati Setyorinny, menambahkan, bahwa Akumandiri ini adalah organisasi profesi dan gerakan sosial ekonomi yg bersifat independent, tidak terikat dan atau mengikatkan diri kepada partai politik maupun kekuatan politik manapun. Dan bernafaskan ekonomi kerakyatan yg berkeadilan.

“Akumandiri berperan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial bagi pelaku industri usaha mikro kecil yang belum mempunyai legal serta ikut dalam penataan perekonomian di tingkat global,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, diharapkan dengan hadirnya Akumandiri bisa membantu pemerintah dan para stekholder mengimplementasikan program programnya bagi pelaku industri dan usaha mikro kecil menengah indonesia. Serta program program pemberdayaan masyarakat.

“Kami telah melaksanakan MoU dan Kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional. Tak lain adalah sebagai komitmen Akumandiri kepada bangsa, kepada masyarakat dan komitmen kepada pelaku IUMKM seluruh Indonesia untuk menjalankan hidup sehat, berproduktif dan Berbudaya serta terbebas dari NARKOBA,” ujarnya.

Sesuai dengan taglinenya : Tumbuh Bersama Meng-INDONESIA-kan INDONESIA. “Akumandiri semakin meyakini visi pemerintah ” Jokowi-Jusuf Kalla”, yakni terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong hanya bisa dicapai dengan sinergitas, kebersamaan,kemitraan, kesetiakawanan atau gotong royong,” tutupnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *