Desain Pasar Tradisional Sudah Sesuai Konsep

unnamed-37SEMARANG (asatu.id) – Dalam pembangunan pasar tradisional menjadi semi modern sudah sesuai dengan konsep dan harapan dari Dinas Pasar Kota Semarang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pasar Tridjoto Sardjoko saat dialog bersama DPRD bertema “Memakmurkan Pasar” di Pasar Bulu, Rabu (7/12).

“Dari beberapa pembangunan pasar yang sudah-sudah, sebenarnya kondisinya sudah ramai dan sudah sesuai dengan konsep kita. Karena konsepnya itu pembangunan pasar untuk kesejahteraan pedagang dan itu sudah tercapai, karena kondisi pasar saat ini sudah ramai,” ungkap Tridjoto.

Dirinya menuturkan, meskipun demikian pihaknya tetap terus berusaha untuk lebih meramaikan pasar. Salah satunya adalah dengan pengadaan sarana dan infrastruktur pendukung untuk memudahkan akses para pengunjung, penjual, dan pembeli. “Salah satu upaya kita dengan membuat tempat parkir di setiap lantai. Tujuannya untuk mempermudah pembeli mengakses lantai-lantai tertentu,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan hal lain untuk merangsang peningkatan keramaian pasar, antara lain dengan mengadakan event-event dengan beberapa vendor.

“Terlebih lagi, selain kita mengadakan event, kita juga sudah mensosialisasikan kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan, ketertiban, dan bagaimana untuk membuat tempat jualan para pedagang agar terlihat menarik. Kalau pedagang sudah mengarah kesitu (membuat menarik tempat berdagang) otomatis akan membuat tertarik pembeli,” ujarnya.

Tridjoto mengharapkan, setelah selesainya renovasi pembangunan pasar, diharapkan juga ada perubahan perilaku para pedagang yang lebih memperhatikan kebersihan, ketertiban, dan lain sebagainya, yang tujuannya menarik anemo masyarakat lebih banyak lagi karena keadaan pasar yang baik.

Tridjoto juga menampik adanya perubahan konsep jual beli yang dilakukan di pasar setelah direnovasi semi modern. “Konsep jual beli tetap sama, yakni konsep tradisional. Cuman, pasarnya saja yang diubah semi modern”, tukasnya.(AC)

259

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan