Menteri Susi Pudjiastuti Resmi Bergelar Doktor Honoris Causa

menteri-susiSEMARANG (asatu.id) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti resmi menyandang gelar doktor honoris causa bidang kebijakan, pembangunan, kelautan, dan perikanan dari Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Sabtu, (3/12).

Dalam pidatonya, Susi tak bisa untuk menahan haru dan dirinya sempat menetekan air mata ketika mengucapkan terima kasih untuk ayahnya, almarhum Ahmad Karlan, ibunya Suwuh Lasminah, serta tiga anaknya. Dirinya juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah mengangkatnya sebagai menteri.

“Pastinya saya Bersyukur. Ini adalah satu penghargaan yang harus membuat saya lebih amanah dan lebih kencang berkarya untuk negara”, terangnya.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama mengatakan pemberian gelar tersebut melalui proses yang panjang, yakni salah satunya memalui kajian regulasu dan akademik. Termasuk harus juga persetujuan dari senat dan para guru besar.

“Dari sisi regulasi, beliau (Menteri Susi) mendapatkan rangking 9 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Jadi kalau pun Undip tidak memberikan gelar doktor, hasil BNSP itu sudah cukup setara dengan gelar doktor,” tambahnya.

Yos menambahkan dari sisi akademik, Menteri Susi sudah memenuhi kaidah-kaidah dalam proses akademik. Dimana menurutnya, Menteri Susi telah meletakkan dasar-dasar yang runtut prosedur serta evaluasinya. “Beliau meletakkan 3 dasar utama dalam pembangunan maritim. Yaitu Kedaulatan, keberlanjutan, dan yang terakhir, kesejahteraan. Ini landasan yang secara metode itu terujikan dan muncul dalam kebijakan yang konsisten,” pungkasnya.(AC)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *