Lansia Wajib Bahagia

 

ak492Berhati-hatilah jika memasuki usia lanjut. Berbagai jenis penyakit bisa menyerang sekaligus. Para lanjut usia rentan dengan komorbit atau diserang penyakit secara bersamaan.

Kategori usia lanjut itu seperti apa? Kata dokter spesialis Geriatri SMC Telogorejo , Dr. Hadi martono Sp. PD, K-ger, FINASIM, menurut WHO usia lanjut minimal berumur 60 tahun.

Tapi untuk pasien usia lanjut ada batasan yaitu terkena dua penyakit sekaligus. Jika hanya terkena satu penyakit maka tidak masuk usia lanjut. Adapun penyakit yang biasa menyerang mulai dari stroke,darah tinggi, kencing manis, sendi dan sebagainya," ucapnya.

Penanganan pasien lansia harus ada tim khusus. Tidak mungkin per penyakit ditangani satu dokter. Satu pasien paling tidak harus ditangani tim inti yang terdiri atas dokter spesialis geriatri, ahli gizi, spesialis penyakit dalam, dan lainnya yang sesuai kategori.

Hadi menjelaskan kategori usia hanya untuk kaum laki-laki. Sedangkan pada perempuan,pertanda lanjut usia adalah menaupouse. Ia menyarankan bagi perempuan yang memasukki menopause atau laki-laki usia 60 tahun segera melakukan general Check Up. Dari situ, para dokter akan tahu kondisi tubuh pasien lansia.

General check up menjadi dasar kontrol rutin yang harus dilakukan lansia. Sebab, begitu masuk usia lanjut wajib melakukan kontrol rutin. Tidak harus tiap bulan, tapi bisa tiga bulan sekali  enam bulan sekali, atau setahun sekali. Tergantung kondisi awal saat general check up pertama, ujarnya.

Bagaimana pola hidup lansia ? Hadi menyatakan pola hidup sehat lansia berbeda dengan orang muda. Jauh lebih kompleks. Ada rumusan untuk pola hidup sehat bagi Lansia yaitu BAHAGIA.

B: Berat badan dijaga. Jika berlebih sebaiknya dikurangi dan seandainya terlalu kurus sebaiknya ditambah. Menjaga berat badan yaitu salah sesuatu langkah pencegahan terserang penyakit metabolik seperti diabetes melitus.

A: Atur makanan. Pola gizi seimbang yg kaya serat yaitu anjuran penting bagi menghindari penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

H: Hindari faktor risiko penyakit kronis. Penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hingga kanker mampu dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi rokok serta alkohol.

A: Agar tetap bahagia, kembangkan hobi yg bermanfaat. Memiliki hobi selain mengasah kemampuan fisik dan mental juga membuat Anda memiliki lingkaran sosial yg beragam.

G: Gerak badan teratur. Anjuran buat melakukan aktivitas fisik optimal adalah 30 menit perhari, 5 kali seminggu.

I: Iman dan taqwa. Meningkatkan iman dan bertaqwa kepada Tuhan mampu membuat Anda terhindar dari stres dan melatih perilaku positif. Risiko gangguan mental seperti depresi juga mulai berkurang.

A: Awasi kesehatan dengan melakukan pemeriksaan berkala. Pemeriksaan kesehatan berkala bisa mencegah Anda terserang penyakit berat dan mengobatinya sejak dini. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center 24 jam SMC RS Telogorejo di nomor telepon (024)86466000.

Oleh – dr. Hadi Martono, Sp. PD, K-Ger, FINASIM

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *