Kota Semarang, Icon Kemajemukan Indonesia

Wakilwali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu mengikuti senam bersama masyarakat dalam rangka HUT ke 45 Korpri.

Wakilwali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu mengikuti senam bersama masyarakat dalam rangka HUT ke 45 Korpri.

SEMARANG (asatu.id) – Kota Semarang telah menjadi salah satu kota icon ke-Bhineka-an di Indonesia. Kemajemukan dirasa menjadi sebuah energi positif untuk membuat Kota ini semakin maju. Kota Semarang juga mempunyai histori panjang dalam urusan menjaga keberagaman agar terus tumbuh dan berkembang dengan selaras.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat membuka dan memberikan sambutan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-45 dan Apel Kebhinekaan Cinta Damai yang juga dihadiri pula dengan jajaran Muspida dan DPRD Kota Semarang, Jumat, (18/11).

Apel peringatan HUT KORPRI ke-45 tersebut dilanjutkan dengan senam dan exsibisi futsal. Bertempat di sepanjang jalan Pemuda, kurang lebih ribuan peserta apel dan senam memadati area peringatan.

Mbak Ita, sapaan akrab Wakil Walikota Semarang menyampaikan, bahwa salah satu bukti kota Semarang sebagai icon kebhinekaan adalah berdiri tegak dan berdampingannya rumah-rumah ibadah dari semua agama di Indonesia. “Bukti dari itu semua yakni beberapa rumah ibadah yang berada di Semarang, Masjid Agung Kauman, Gereja Blenduk, Gereja Gedangan, Pura Agung Giri Natha, Vihara Buddhagaya, Klenteng Tay Kak Sie,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Wanita akrab disapa Ita, sejarah panjang keberagaman yang hidup dengan selaras di Kota Semarang juga dapat terlihat pada kawasan permukiman bersejarah yang terdapat di area Kota Lama Kauman, Kampung Melayu, Pecinan, dan Little Netherland.

“Sebagai upaya menjaga indahnya keberagaman yang hidup dengan selaras. Pemerintah berupaya membangun Taman Pandanaran, dan meletakkan sebuah Patung Warak yang merupakan simbol keberagaman Kota Semarang. Dan kegiatan Apel Kebhinekaan Cinta Damai pagi ini juga sebagai cara mengingatkan kita semua pentingnya menjaga keberagaman di Indonesia “, tambahnya.

Ita berharap, seluruh warga Kota Semarang tanpa terkecuali, dapat ikut mendukung tugas pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia dan Kota Semarang pada khususnya.(JPL)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *