Kebun Binatang Mangkang Jadi Perusda Kota Semarang

Taman Margasatwa Semarng

Taman Margasatwa Semarng                                  foto : istimewa

SEMARANG (Asatu.id) – Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) nantinya bertugas membentuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pembentukan Perusahaan Daerah (Perusda) Margsatwa Kota Semarang yang ditargetkan selesai tahun ini, telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang (16/11).

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Perusda Margasatwa akan menjadi salah unit usaha holding company (perusahaan induk) PT Bhumi Pandanaran Sejahtera. Jika menjadi Perusda, nantinya Taman Margatwa Semarang, akan dikelola secara profesional.

“Perusda itu nantinya akan dikerjasamakan secara bisnis to bisnis dengan investor, dan tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) lagi”, ungkap Ita, sapaan akrab Wakil Wali Kota Semarang saat ditemui asatu.id, Rabu (16/11).

Ita memaparkan, jika potensi Taman Margasatwa sebenarnya begitu besar. Pemerintah Kota Semarang beberapa kali dikejar-kejar banyak sekali investor yang tertarik ingin mengelolanya Kebun Binatang yang terletak di Mangkang tersebut. “Tetapi sebelumnya, akan dilakukan beberapa kajian seperti feasibility study, bisnis plan, pembentukan manajemen yang harus profesional, dan hal lain penunjang Perusda tersebut,” jelasnya.

Dalam segi pengelolaan, Ita menambahkan, akan diserahkan manajemen independen yang profesional. Sehingga nantinya pihaknya berharap tidak membebani APBD melainkan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah yang maksimal. “Dalam ini Pemkot Semarang akan menunjuk direktur sementara perusda setelah raperda tersebut disahkan yang bertugas menyiapkan proses perekrutan manajemen, sarpras, dan bisnis plannya,” pungkasnya.(JPL)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *