Ita : Pemkot Semarang Akan Bangun Hutan di 80 Titik

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, foto: asatu.id/dok

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu,
foto: asatu.id/dok

SEMARANG (Asatu.id) – Setelah meresmikan hutan kota di Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana akan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) berbentuk hutan kota sebanyak 80 titik di Kota Semarang.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, pasalnya dalam rencana pembuatan hutan kota tersebut sudah disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, yang mana di tahun 2017 Pemkot akan menambah setidaknya 80 titik hutan kota lagi di seluruh wilayah Kota Semarang.

“Puluhan hutan kota itu diharapkan bisa mendukung RTH di Semarang. Dimana di kota ini RTH secara keseluruhan baru berkisar 20% dari volume ideal minimal 30% dari luas wilayah,” katanya di Gedung Balai Kota Semarag, Rabu (16/11) .

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita menjelaskan, bahwa pihaknya akan mengerahkan kepada camat dan lurah agar lahan kosong atau bengkok di wilayah masing-masing juga bisa dimanfaatkan untuk keberadaan RTH.

“Pemanfaatan lahan bengkok juga sebenarnya bisa dibudidayakan untuk penambahan hutan kota,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ita menututurkan, Pemkot akan memberikan dukungan dengan pemberian bibit dan sarananya. “Kami bersedia kok memberikan dukungan bibit dan saranantya yang nanti dibutuhkan. Sedangkan untuk penanaman dan pengelolaan bisa melibatkan masyarakat. “Kita sudah meminta Dinas Pertanian untuk membuatkan dan memperbanyak pertanian kota,” tandas Ita.(JPL)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *