UMKM Jadi Penopang Ekonomi Indonesia Dalam Seminar BCA Gebyar UKM

20161109_095306SEMARANG (asatu.id) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disebut sebagai penopang ekonomi Indonesia sampai saat ini. Dengan persentasi hampir 80%, UMKM telah menjadi pilar yang penting dalam pertumbuhan ekonomi Tanah air.

Hal tersebut mengemuka dalam acara seminar BCA Gebyar UKM yang diselenggarakan International Council for Small Business (ICSB) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI dihadiri beberapa UMKM se-Jawa Tengah (Jateng) yang sebelumnya telah lolos seleksi, bertempat di Gedung RRI Semarang, Rabu (9/11).

Acara dibuka oleh Kabid Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Jateng, Sondy Purwoko. Dalam sambutannya, dia berharap dalam kegiatan ini mampu memajukan UMKM di Jawa Tengah, serta pendampingan sangat diperlukan oleh UMKM dalam proses pemasarannya yang menjadikan kendala para UMKM sekarang ini.

“Maka, yang paham betul tentang UMKM yakni Dinas Koperasi (Dinkop), yang mempunyai sebuah program Membentuk Komite Pemasaran. Itu merupakan lembaga nonstruktural dan Pemerintah hanya bisa mengarahkan saja, harapannya dengan adanya pendampingan tersebut UMKM Jateng akan semakin maju,”paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh, Executive Vice President ICSB Indonesia Jacky Mussry, acara seminar ini bertujuan agar para pelaku UMKM bisa terinspirasi agar mampu bisa memajukan UMKM secara mandiri. “Jadi, mereka para pelaku UMKM keluar dari zona nyamannya, dan kegiatan ini bisa menginspirasi para UMKM untuk bisa lebih kreatif lagi dalam mengembangan usahanya,” tambahnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *