Komisi C Bakal Kembalikan Fungsi Saluran Sungai

unnamed-18SEMARANG (asatu.id) – Guna untuk mengembalikan sesuai dengan fungisnya, maka Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) saluran sungai yang dijadikan lahan parkir, Selasa (1/11).

Sidak yang di komando oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Kadarlusman, menjelaskan, ada beberapa saluran sungai yang ditutup dan dibuat lahan parkir yang terletak dikota semarang. “Selain pelanggaran ini juga salah satu penyebab terjadinya banjir karena kotoran yang berada didalamnya tidak bisa dibersihkan karena tertutup,” jelasnya disela-sela sidak kepada asatu.id.

Paslanya, lanjut pria yang akrab disapa Pilus, jika drainase itu ditutup maka jika tidak bisa dilakukan normalisasi ketika ada sumbatan atau banyak sampah. “Jika hujan tiba pun air tidak masuk ke saluran dan dipastikan menyebabkan genangan di sekitar wilayah tersebut,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan .

Kendati demikian, semua jajaran Komisi C bersama Dishub melakukan sampling di lahan parkir yang terletak di Rumah Sakit Tlogorejo Semarang.  “Lahan parkir yang dimiliki RS tersebut memang sudah selesai dibangun, saya berharap dari managemen RS untuk bisa membongkar lahan parkir dengan panjang sekitar  100 meter yang menutupi fungsi sungai tersebut,” tutur pilus.

Pihaknya akan menginfentarisasi dengan dinas terkait soal hal tersebut, mana aja sungai yang akan dilakukan normalisasi. “Kami sudah koordinasi dengan dinas terkait,  serta akan mendata saluran sungai mana aja yang beralih fungsi,” paparnya.

Pilus berharap, saluran sungai berfungsi sebagaimana mestinya agar drainasi berjalan dengan lancar. “Dengan adanya saluran sungai yang berfungsi, maka saya berkeinginan agar bisa mengurangi banjr yang sering terjadi pada musim hujan serta menjadikan Kota Semarang menjadi Hebat,” pungkasnya.(CP)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *